Selasa, 14 Mei 2013

KEBERSAMAAN dan KEKELUARGAAN dalam PERJALANAN ILMIAH MADURA



Diawal perkuliahan semester 2 tahun 2013, di kelas Konsentrasi Hukum Tata Negara Program Pascasarjana Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, di sela-sela waktu perkuliahan perdana teori dan perancangan peraturan perundang-undangan, beliau menyampaikan jika perlu, adanya studi ekskursi dalam mata kuliah teori dan perancangan peraturan perundang-undangan.  Dialah Dr Jazim Hamidi, S.H., M.H dosen mata kuliah Teori dan Perancangan Perundang-Undangan yang memberikan motivasi bagi kami mahasiswanya untuk memperdalam mata kuliah ini bukan sebatas teori yang disampaikan di bangku kuliah, tetapi melalui pengamatan langsung di lapangan mengenai praktek perancangan peraturan perundangan – undangan di daerah.
            Ide yang baik ini, disambut baik pula oleh kami mahasiswanya. Tak menunggu lama, kami pun membentuk panitia studi ekskursi, merumuskan tujuan dan tema serta menyusun konsep acara studi ekskursi ini. Studi ekskursi ini kami rencanakan dilaksanakan di DPRD Kabupaten Bangkalan Madura dengan tema: “Optimalisasi Peran Balegda dalam mewujudkan Prolegda” Studi Ekskursi ini tujuannya adalah, pertama, peserta mengerti dan memahami proses penyusunan perancangan Program Legislasi Daerah (PROLEGDA). Kedua, peserta dapat mengetahui dan memahami secara langsung faktor-faktor yang menyebabkan BALEGDA belum dapat secara optimal menjalankan Program Legislasi Daerah (PROLEGDA). Ketiga, Peserta dapat berkontribusi untuk memikirkan solusi alternative penyelesaian faktor-faktor optimalisasi peran BALEGDA.
            Selain studi ekskursi di DPRD Bangkalan, kami juga mengagendakan untuk menjalin komunikasi dan silahturami dengan mahasiswa program magister ilmu hukum di Universitas Trunojoyo Bangkalan. Tanggal 11 April 2013, tibalah pada waktu pelaksanaan studi ekskursi. Mendahului sang fajar, subuh itu kurang lebih jam 02.30 – 03.00 WIB kami mulai mempersiapkan diri karena rencananya jam 04.00 WIB kami harus meninggalkan kota malang menuju bangkalan pulau Madura. Setelah berkumpul dan berkordinasi dengan semua peserta studi ekskursi, akhirnya kami berangkat pukul 04 lewat 20 menit.
            Dari kejauhan terlihat menara jembatan suromadu, yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura, berdiri kokoh dan megah, menandakan pulau Madura semakin dekat. Tak lama lagi kami menginjakan kaki di kabupaten bangkalan, kabupaten yang terkenal dengan wisata kulinernya, nasi bebek sinjay dan wisata batik khas madura. Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas pertolongan dan penyertaannya kami boleh tiba di DPRD kabupaten bangkalan dan di sambut dengan baik oleh Pihak DPRD. Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan diawali sambutan Ketua DPRD Kabupaten Bangkalan yang disampaikan oleh wakil ketua DPRD, Drs Munawwar Cholil, MBA mewakili ketua DPRD yang berhalangan hadir.
“Bapak Ibu Yang Terhormat. Menyambut acara kunjungan kerja pada hari ini kami mengucapkan SELAMAT DATANG Di Kabupaten Bangkalan, semoga melalui ajang kunjungan yang sedang berlangsung pada hari ini dapat mempererat tali silahturami, sekaligus menjadi media dalam meningkatkan wahana untuk membangun kesamaan persepsi guna menambah wawasan, referensi, dan meningkatkan peran serta kapasitas BALEGDA dalam kaitannya dengan pelaksanaan Prolegda. Oleh karena itu kami sangat mendukung dan menyambut baik atas kunjungan kerja rombongan mahasiswa magister ilmu hukum Universitas Brawijaya ke DPRD Kabupaten Bangkalan.”  Ujar wakil ketua DPRD.
            Kami sebagai peserta Studi Ekskursi tentu juga berterima kasih kepada DPRD Kabupaten Bangkalan yang menerima kami dengan baik, memberikan kesempatan bagi kami untuk bertukar informasi mengenai peran Fungsi Balegda di DPRD Kabupaten Bangkalan. Sebab melalui moment inilah kita secara bersama-sama bisa saling berbagi. Mahasiswa dan dosen bisa berbagi ilmunya dari kampus, anggota DPRD bisa berbagi pengalamannya dan realita yang terjadi selama melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat dengan secara umum 3 tugas yaitu tugas legislasi, penganggaran dan pengawasan.
            Sesudah Opening Ceremony acara dilanjutkan dengan diskusi panel dengan menghadirkan 2 narasumber. Dr Jazim Hamidi, S.H., M.H sebagai akademisi yang ahli di bidang Hukum Tata Negara sekaligus dosen pendamping dalam studi ekskursi ini menyampaikan materinya dengan topik: Optimalisasi Peran Balegda dalam penyusunan prolegda. Beliau menyampaikan bahwa untuk mewujudkan peraturan daerah yang baik maka hal-hal yang penting dan harus diperhatikan dengan baik dalam pembentukan RAPERDA adalah Politik Hukum/Perundang-Undangan, Proses pembentukan meliputi: tahap pra legislasi, tahap legislasi dan tahap pasca legislasi, selanjutnya materi muatan dan asas hukum serta sebuah RAPERDA tersebut harus menjawab kebutuhan masyarakat/menyelesaikan masalah dan berbasis penelitian. Kemudian untuk mengoptimalisasi peran BALEGDA di DPRD dalam mewujudkan PROLEGDA, maka ada 7 hal yang beliau kemukakan, antara lain: penguatan sumber daya BALEGDA, prolegda berbasis penelitian (research), prolegda sub sistem dari prolegnas, pengadaan tenaga ahli, dukungan dana (anggaran resmi), penguatan partisipasi masyarakat dan e-parliament. Narasumber dari Pihak DPRD, H. Humron Maulana M, S.H.I sebagai ketua BALEGDA menyampaikan tentang proses pembentukan PERDA di DPRD Bangkalan yang sampai saat ini masih belum secara optimal serta peran BALEGDA yang masih lemah/bahkan kurang dalam mewujudkan Prolegda karena berbagai faktor, diantaranya kurangnya dukungan dana dan tenaga ahli yang mumpuni dalam mendukung BALEGDA sebagai posisi sentral di DPRD dalam merumuskan PROLEGDA.
            Terasa tak lengkap jika mengunjungi suatu daerah, tidak mengunjungi dan mendatangi icon atau menyaksikan hal yang unik dan khas dari daerah yang dikunjungi. Karena Negara kita kaya akan potensi sumber daya alamnya, potensi wisatanya, serta keanekaragaman budayanya, dll. Maka, setelah selesai kegiatan studi ekskursi di DPRD Bangkalan, segera kami menuju pusat oleh-oleh khas Madura, batik tulis dan jajanan khas Madura kami datangi. Selesai mengunjungi pusat oleh-oleh, agenda terakhir kami dalam studi ekskursi ini yaitu silahturami dengan mahasiswa S2 Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo sekaligus mengikuti kuliah umum bersama yang dibawakan Dr. Jazim Hamidi, S.H., M.H. 

Secara pribadi, saya sangat senang dan bangga atas pelaksanaan studi ekskursi ini karena banyak ilmu yang didapat, banyak moment kebersamaan yang mengakrabkan dilewati dan dinikmati bersama. Kebersamaan dan rasa kekeluargaan pun menjadi bagian dalam perjalanan ilmiah kita. Semoga kebersamaan ini terus berlanjut sampai kapanpun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar