Selasa, 02 Maret 2010

Okkaps dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Sudah menjadi tradisi di tahun ajaran baru, dimana Dunia kampus disibukan dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk menyambut Mahasiswa baru alias (MABA). Salah satunya ialah Ospek, atau Okapps (Orientasi kegiatan akademik & pengenalan program studi). kegiatan yang sudah menjadi tradisi dalam lingkungan kampus. Mulai dari Bulan Agustus hingga saat ini setiap kampus dengan berbagai elemennya, sebut saja pihak Rektorat, Dekanat, lembaga kemahasiswaan & panitia ospek dengan segala kesiapannya untuk kegiatan Okapps. Mengapa perlu diadakan Okapss? Okapps Bukanlah hal yang baru lagi bagi kita MABA karena kegiatan ospek bisa dibilang sama halnya dengan kegiatan MOS yang kita kenal di saat masuk Sekolah menengah Pertama (SMP) maupun sekolah menengah atas (SMA).

Okapps/kegiatan untuk menyambut MABA bertujuan untuk mengenalkan dunia kampus dengan segala unsur-unsurnya, dibekali dengan berbagai materi misalnya: pengembangan soft kill, aturan kelembagaan, dan juga diberikan pemahaman kepada Maba tentang bagamana memanfaatkan setiap Unit Kegiatan mahasiswa yang ada, untuk meningkatkan kreatifitasnya. Sehingga kelak, Maba yang nantinya akan mengikuti perkuliahan/menikmati pendidikan di kampus tidak kaget lagi dalam menyikapi setiap hal yang terjadi. Itulah esensi dari apa yang kita kenal dengan Okapps, dengan demikian jangan sampai Okkaps disalah artikan dengan kesempatan Untuk senior membalas dendam terhadap yuniornya, mengadakan perploncoan, sanksi Fisik ketika melanggar aturan, maupun tindakan yang tidak manusiawi.

Waktu yang di nantikan oleh para Maba Unmer telah tiba, okapps yang telah di laksanakan/dilalui oleh kita semua, yang berlanmgsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 7-9 september 2009. sebagai peserta okapps, Ingatlah bahwa okapps yang telah kita jalani bersama telah usai. Namun pergerakan kita sebagai Agent of Change/Calon kaum Intelektual bangsa di sinilah, dikampus inilah kita akan berproses, dibentuk menjadi Generasi Penerus Negeri ini, pemimpin bangsa & Negara kelak, dengan demikian jangan sia-siakan kesempatan untuk menimba ilmu, memperlengkapi diri dengan setiap sarana & prasarana yang ada di kampus.

Di kampus Unmerpun ada begitu banyak Unit kegiatan Mahasiswa (UKM), salah satunya ialah UKM KRISTEN PROTESTAN, atau yang lebih dikenal di kalangan Mahasiswa Unmer yaitu “Jubilee”, Jubilee hadir sebagai UKM kerohanian, untuk meningkatkan pembinaan Keimanan dan Ketakwaan Mahasiswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Di sinilah kita akan di bina, di bentuk, dan diproses bersama sebagai Mahasiswa yang tidak hanya berkuliah saja, tetapi bagaimana bersekutu bersama dengan Tuhan Yesus Kristus, dalam persekutuan doa, menghidupi kebenaran Firman Tuhan, membangun persekutuan antar saudara seiman. Sehingga kita tidak hanya memiliki intelektual yang tinggi saja, tetapi menjadi murid kristus yang holistic/antara studi dan iman, keduanya berjalan beriringan/seimbang. Selamat Berkuliah di Unmer, selamat datang di Jubilee, mari berproses bersama dalam pelayanan mahasiswa Kristen. Hidup Mahasiswa!!!. Oleh Cartes A Rangotwat Kabin KTB UKM JubilePeriode 2009-2010; Fungsionaris BEM Universitas Merdeka Malang,Bidang Advokasi, Hukum & HAM 2009/2010

*sudah pernah dimuat;diterbitkan di Buletin UKM Kristen protestan Jubilee UNMER Malang



1 komentar: